IBX58AD2AF2A7073

Cara Menghemat Baterai Smartphone


menghemat batrai
 Perkembangan dunia teknologi dari tahun ke tahun merupakan hal yang menarik untuk di ikuti, seperti mengikuti perkembangan teknologi dalam hal gadget. Bahkan anak kecil sekarang pun sudah biasa memegang gadget pribadinya. Semua hal jadi terlihat semakin praktis dengan menggunakan gadget yang canggih, tapi tentu saja setiap kelebihan ada kekurangan seperti contohnya batrai yang cepat habis. Berbeda dengan HP jaman dulu yang satu kali charger bisa bertahan berhari-hari, HP yang kita gunakan sekarang cenderung lebih boros, dikarenakan banyak fitur yang lebih canggih yang jelas membutuhkan konsumsi batrai yang lebih.
Tapi, kita bisa mengurangi jumlah konsumsi batrai tersebut, atau bisa kita sebut menghemat batrai, bagaimana caranya ? berikut akan kami berikan tips yang telah kami kutip dar liputan6.

Menggunakan fitur di ponsel setiap hari tentunya sangat mengasyikkan, namun kendalanya adalah diperlukan daya baterai yang tahan lama. Kebanyakan smartphone membutuhkan pengecasan lebih dari sekali dalam sehari ketika kita sering memakainya, hal ini tentu saja akan mengganggu mobilitas.

Seperti diketahui smartphone, terutama yang high-end, hadir dengan baterai yang berkapasitas tinggi, tapi sayang spesifikasi seperti layar lebar, layar resolusi tinggi, perangkat keras yang kuat dan lainnya dapat menguras daya baterai.

Beberapa handset memang memiliki fitur penghemat baterai, tetapi biasanya tidak cukup membantu. Namun, tahukah Anda bahwa daya tahan baterai sebenarnya dapat ditingkatkan hingga 30 persen hanya dengan melakukan langkah-langkah sederhana berikut ini  seperti dilansir laman ibtimes:

1. Jangan buka banyak aplikasi

Pastikan Anda tidak menyimpan terlalu banyak aplikasi dibuka pada suatu waktu, karena hal ini tidak hanya menguras baterai, tetapi juga mengkonsumsi memori sistem. Menutup aplikasi yang tidak terpakai dapat meningkatkan daya tahan baterai.

2. Turunkan tingkat kecerahan ponsel

Turunkan tingkat kecerahan ponsel dan matikan auto kecerahan serta fitur warna penambah di smartphone dapat membantu menghemat baterai ponsel. Semakin terang layar smartphone Anda, maka akan semakin banyak juga daya baterai yang dikonsumsi.

3. Matikan WiFi

Matikan WiFi, Bluetooth dan GPS jika tidak digunakan, saat ponsel mencari konektivitas, kondisi tersebut akan mengkonsumsi banyak daya baterai.

4. Matikan Sinkronisasi

Anda dapat meningkatkan daya tahan baterai smartphone dengan mematikan fitur sinkronisasi. Menyinkronkan aplikasi seperti Picasa, Google Plus, Facebook, email, Linkedin dan lain-lain dapat menghabiskan banyak baterai.

5. Gim

3D dan grafis gim berat menghabiskan daya baterai yang sangat banyak. Hindari bermain gim tersebut dan menonton video resolusi tinggi jika ingin baterai ponsel Anda bertahan lebih lama.

6.  Kunci otomatis

Sangat dianjurkan mengurangi waktu layar tunggu atau interval waktu tidur. Gunakan fitur kunci otomatis untuk memastikan bahwa layar ponsel Anda tidak diaktifkan secara sengaja.

Jika masih tidak puas dengan daya hidup baterai smartphone Anda meskipun sudah mengikuti langkah-langkah di atas, satu-satunya pilihan adalah membeli dan menyiapkan Iagar selalu terisi penuh atau bawa selalu baterai cadangan ketika bepergian.​
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment